Accord

Actavis Indonesia


TANYA JAWAB

Generik bermerek - jawaban dari pertanyaan yang sering ditanyakan

Tanya Jawab 

T. Apakah obat generik bermerek itu?
J. Obat Generik bermerek adalah pengembangan formulasi dari produk paten dengan kualitas, kemanjuran dan keamanannya sama serta dapat menggantikan obat tersebut. Hak paten biasanya berakhir setelah 20 tahun

T. Mengapa obat generik bermerek lebih ekonomis daripada obat patent ("originals")?
J.Obat generik bermerek adalah duplikat dari obat aslinya. Perusahaan yang memproduksi obat generik bermerek tidak mengeluarkan biaya untuk penelitian dan pengembangan awal, jadi produk generik lebih ekonomis.

T. Apakah obat generik bermerek sama seperti obat paten ("original")?
J.Ya dan tidak.
Ya -. Keduanya setara baik ketersediaan hayati maupun efek terapinya. Berarti keduanya mengandung zat aktif yang sama. Bentuk sediaan yang saya serta digunakan dengan cara yang sama. Keduanya mempunyai kekuatan dan konsentrasi yang identik, dan bekerja dalam tubuh dengan cara yang sama pula.
Tidak – Tentu saja ada perbedaan dalam bentuk, warna, aroma, kemasan dan zat pembantu lainnya.

T. Dapatkah efek samping antara obat generik bermerek dan obat paten (original) berbeda.
J. Pada umumnya tidak. Kalau terjadi kemungkinannya bisa disebabkan adanya perbedaan zat pembantu yang digunakan dan pasien menderita reaksi alergi terhadap zat tersebut. Demikian pula sebaliknya. Obat generik bermerek dapat mengurangi masalah, jika pasien alergi tehadap zat pembantu dari produk paten. Brosur untuk pasien menyediakan informasi penting tentang semua zat-zat dalam obat. Karena itu pasien penting untuk membaca brosur informasi bila memakai obat baru, dan bila mengganti obat dengan zat aktif yang sama dari suatu pabrik dengan pabrik lain.

T. Apakah selalu aman memilih obat generik bermerek ?
J.Ya. Obat generik bermerek yang dipasarkan telah disetujui oleh Badan Pemeriksaan Obat dan Makanan (BPOM). Hanya obat-obat yang telah disetujui dapat dibuat oleh perusahaan-perusahaan dan diberikan pada pasien. Pemerintah membentuk tim yang terdiri dari para dokter, sarjana farmasi dan ilmuwan yang lain untuk memeriksa produk serta menjamin obat-obat itu dibuat dengan kualitas yang baik, aman dan efektif.

T. Apakah obat generik selalu memakai kemasan dan nama "netral"?
J.Tidak, Ada dua macam obat generik, yang pertama adalah generik biasa ("plain") maupun generik berlogo dan bermerek ("branded"). Obat generik dengan resep dokter biasanya biasa atau tidak bermerk ("unbranded"), sedangkan obat bebas/ OTC biasanya punya nama merk dagang.
  • Kembali
  • Cetak
  • Kirim